Pengaruh Kualitas Layanan Adminstrasi Dan Fisik Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Yos Sudarso Surabaya

Authors

  • Sofiah Nur Iradawati Universitas Yos Sudarso Surabaya

Keywords:

Kualitas Layanan Adminstrasi, Fisik Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa akan merasakan kepuasan ketika mereka memperoleh hasil studi yang mereka lakukan, sesuai atau bahkan melebihi ekspektasinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi dan kualitas fisik kampus terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Yos Sudarso dalam proses belajar. Teknik pengumpulan datanya dengan kuesioner dan teknik sampel yang digunakan adalah non-random sampling dan accidental sampling dengan jumlah 300 responden mahasiswa Universitas Yos Sudarso Surabaya. Data hasil penelitian kuesioner diolah menggunakan SPSS 16 dan model statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kualitas layanan administrasi, fisik kampus secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan administrasi yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasaan Mahasiswa.

References

Aaker, D. 2014. Building Strong Brands. (A. Baderi, Trans.) Jakarta: Bumi Aksara

Alwi, Hasan, dkk. 1995. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arambewela, R. and J. Hall, 2009. An Empirical Model of International Student Satisfaction. Asia Pacific International Journal of Marketing, ISSN 13555855.

Angipora, M. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Bagaskara, A. M. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario. Jurnal Ekonomi Vol I.

Erlina, H., Mochklas, M., & Maroah, S. 2017. Efektifitas Penerapan Metode Feedback Tool For Operations (FTO) Dalam Penilaian Kinerja Untuk Peningkatan Karir Karyawan Di Pt Hm Sampoerna Pasuruan Jawa Timur. Jurnal Eksekutif, 14(2), 262-276

Fatihudin & Mochklas. (2017). Analysis of Factors Affecting Consumer Decisions Buy Motorcycle (Study on City of Surabaya Indonesia). International Journal of Innovative Research & Development Issn 2278 – 0211. Edisi 6. Jilid VI.

Fatihudin, D. 2015. Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama.

Fatihudin, D., & Mochklas, M. 2018. How Measuring Financial Performance. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(6), 553-557

Firmansyah, A. M. & Fatihudin, D. 2017. Globalisasi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, M.A., & Mochklas, M. 2018. Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1):281-295

Ghozali, I. 2013. Aplikaasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas di Ponegoro.

Ghozali. I. 2014. Partial least squares konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Porgram Warp PLS 4.0: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasan, A. 2012. Marketing dari Mulut ke Mulut. Jogjakarta: Media Pressindo

Keller, K. L. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Global Edition. Pearson.

Kotler, P. & Gary Amstrong. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Gary Amstrong. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Gary Amstrong. 2014. Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. & Gary Amstrong. 2015. Marketing an Introducing. 13. England: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. & Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lestari, D. 2014. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Second di Tunjungan Plaza Surabaya. Skripsi. STESIA Surabaya.

Lotulung, M. L. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian HP Evercross. Manado: Jurnal EMBA 99.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Mochklas, M. 2016. Role of Leader in Creating Organizational Culture and Product Innovation to Reach Sustainable Competitive Advantage (Study on Ngingas Metal Village SME of Sidoarjo, East Java). The International Journal of Business & Management, 7(4): 251-256

Mochklas, M., Pinaraswati, S. O., & Setiawan, T. 2018. How Motivation Works, Indonesian Employees In Foreign Companies?. Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 8(2)

Nugroho, F. Y. 2012. Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen. Yogyakarta: Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.

Schifman & Kanuk. 2012. Consumer Behavior. Tenth Edition. Pearson Education

Siti Mukarromah, S., Maro’ah, S., & Mochklas, M. 2018. Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir. Com. Jurnal Eksekutif 15 (2), 316-333

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapti, N. W. S. 2014. Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press

Swastha, B. D. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Tjiptono, F & Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2 ANDI, Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2012. Pemasaran Jasa. C,V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta.

Wangean, R. H. 2014. Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3. ISSN

Downloads

Published

2019-05-28

Issue

Section

Articles