Analisa Pengaruh Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada JUSON HOME FURNITURE di Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Nuning Nurna Dewi Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Rudi Wibowo Universitas Maarif Hasyim Latif

Keywords:

Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kini dunia bisnis semakin hari semakin berkembang, dan banyak kompetitor yang tidak dapat dihindari, khusunya dalam industri mebel kayu, sehingga menimbulkan persaingan yang semakin kompetitif. Hal ini menjadi sautu ancaman bagi perusahaan mebel termasuk JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo. Dalam membedakan produk mebel JUSON Home Furniture dengan produk mebel lain, maka perusahaan JUSON Home Furniture memberikan merek pada setiap produknya dan menciptakan persepsi harga saing serta memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan. 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan produk terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, pengaruh signifikan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dan untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo serta untuk mengetahui pengaruh produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan asosiatif serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk mebel JUSON Home Furniture. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk mebel JUSON Home Furniture di Jalan Raya Ngelom No 62 kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo dalam 1 tahun pada penjualan tahun 2016 sebanyak 168 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kueisoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis pertama dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (2) persepsi harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis kedua dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (3) kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis ketiga dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (4) produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis keempat dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya.

References

Ade,Duana Pratiwi dan Sutopo .2012. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Kereta Api Kaligung Mas Kelas Eksekutif Pada PT. KAI DAOP 4 Semarang. Jurnal Manajemen.Volume, Halaman 267-273. Universitas Diponegoro. Semarang.

Basu Swastha dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,Yogyakarta

Basu Swatha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Bilson Simamora, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama.

Daryanto, dan Setyobudi, I. 2013. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dwihapsari, Bunga Caecaria and SANTOSA, Suryono Budi (2012) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA ORYZA TOUR.Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

F.X. Sulistiyanto W.S, Euis Soliha, Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Apotek “Dela†Di Semarang, 2015, hal 1-16

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heyzer, J & Render, B. 2001. Prinsip Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler. Philip, 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jilid 1&2. PT.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Penerbit Airlangga

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Schiffman, Leon G and Kanuk, Leslie Lazar (2004). Consumer Behaviour , 8th Edition. Prentice

Hall International, Inc, New Jersey. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta Bandung.

Supriyanto. 2002. Kajian Indikator Kinerja Pelayanan Angkutan Kota di Kota Depok, Kertas kerja wajib, Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan STTD, tidak dipublikasikan, Bekasi.

Tjiptono, Fandy.2000.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.Penerbit Andi Offset: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2007. Pemasaran Jasa. Jawa Timur : Banyumedia

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Malang.

Downloads

Published

2019-05-28

Issue

Section

Articles